Ramuan Herbal untuk Pancaroba


Ramuan Herbal untuk Pancaroba

Makanan
Haluskan buah Maja ditambah Pace/ Mengkudu, Umbi Rumput Teki Diblender halus Tambahkan sedikit gula dan Ragi ( Tape )  untuk mempercepat Fermentasi biarkan 4 Hari,  ramuan siap digunakan. buat ramuan ini untuk antisipasi pada musim pancaroba
Pencegahan Lebih baik dari mengobati.  Hati hati dalam memasukkan ayam ke kandang Anda dari luar, jangan jangan ayam tersebut membawa penyakit  dari luar
Berikan lewat oral / mulut bisa disuapkan melalui spet ( suntikan ) yang diganti jarumnya dengan selang kecil halus ( selang infus ) untuk memasukkan Herbal yang terbuat dari buah Maja yang telah difermentasi , Anda dapat membelinya di Poultry.

Minuman
Untuk minum buatlah larutan secukupnya yang terbuat dari, untuk 5liter air masukan seukuran 3 jempol jahe dan kunyit, dan tambahkan gula merah dan madu secukupnya. berikan pada tempat ayam minum. selama Musim Pancaroba...


Beberapa kebiasaan dan penyakit yang merugikan, di antaranya yaitu :
1. Kanibalisme
Kanibalisme pada ayam adalah mematuk bahkan memakan kawan sendiri. Kanibalisme pada ayam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu ayam kekurangan zat makanan, misalnya protein, mineral dan air minum; jumlah ayam dalam satu kandang terlalu padat, sehingga ayam saling berebut tempat yang paling menyenangkan; udara dalam kandang terlalu panas, karena sistem ventilasi kandang kurang baik.

2. Memakan telur
Peristiwa ayam memakan telur sering dijumpai pada pemeliharaan ayam. Untuk menghindari ayam memakan telurnya sendiri, makanan dan air minum yang dibutuhkan ayam harus dipenuhi saat pengeraman di dalam kandang.

3. Rontok Bulu
Rontok bulu merupakan peristiwa alami yang wajar bagi ayam. Tetapi bila hal ini terjadi terlalu cepat, jelas akan merugikan ayam, coba tambahkan minyak ikan.

4. Ngorok
Sering kita menemukan pada ayam kita, terutama ayam pelung suara ngorok, padahal ayam kelihatan sehat dan ini menjadi masalah besar, karena bisa merusak suara indahnya, kejadian ini pernah menimpa ayam saya, ketika saya praktekkan teori pertama ternyata tidak ada reaksi positif, saya ulang beberapa kali hasilnya tetap sama, hingga suatu ketika ada salah seorang teman memberi saran untuk mencampurkan obat penyakit panas dalam, seperti adem sari atau larutan penyegar, karena kata dia ayam sedang mengalami panas dalam, saya coba saran tersebut alhamdulillah ayam saya sembuh, dan ini saya buktikan beberapa kali.

5. Kelumpuhan
Suatu hari ketika saya memberi sarapan pagi bagi ayam piaraan, saya menemukan salah satu ayam jago yang biasanya lincah tidak bisa berdiri padahal kondisinya sehat, makanya tetap lahap, saya sempat bingung bagai mana cara menanganinya, akhirnya saya punya inisiatif memberinya makanan yang mengandung lebih banyak zat besi dan kalsium,  akhirnya saya coba memberi makanan ayam petelur, karena saya pernah baca dalam sebuah buku, untuk menguatkan cangkang telur maka ayam petelur diberi ransum khusus yang kandungan mineralnya cukup tinggi, kucoba memberinya makan beberapa kali, alhamdulillah keesokan harinya ayam jago saya mulai berdiri, akhirnya saya terus mengkasih makanan tersebut dalam waktu kurang lebih 3-4 hari ayam saya bisa berlari kembali. Untuk kasus kelumpuhan ini biasanya terjadi karena induk yg sedang bertelur kekurangan zat2 tsbt, maka alangkah baiknya saat induk bertelur diberi makanan tambahan tsbt.

6. Flu burung
Menurut para dokter hewan penyebab utama penyakit ini adalah virus dan yang paling efektif penangananya adalah pencegahan dengan melakukan vaksinasi sebelum hewan ter jangkit penyakit, namun jika ayam sudah terinfeksi maka cara penangananya adalah dengan mengurung sendiri ayam yang sakit ditempat yang bersih dan terpisah dari ayam yang lain, kemudian ambil sehelai daun pepaya yang masih segar, tua tapi belum menguning, tambahkan juga batang sereh kemudian haluskan keduanya tampa dengan menambahkan air, setelah keduanya halus suapkan pada ayam yang sedang sakit, setah itu jangan dikasih makan atau minum, ulangi beberapi kali hingga ayam menjadi sembuh.

7. Lendir pd tenggorokan
Untuk menghilangkan lendir pd tenggorokan Ayam, kita gunakan perasan air daun dadap dan air buah jeruk mipis...cukp seminggu sekali saat ayam mau tidur. Jangan sekali kali memasukan bulu ayam untuk menghilangkan lendir pada ayam pelung, karena dapat merusak/membuat luka.
Adapun perawatan lain yang dilakukan para peternak dengan memberikan ikan kecil/lindung kecil mentah, tomat, dan pisang siam..

Cara Menanggulangi Penyakit
Untuk menghindari kemungkinan terjadinya penularan penyakit, peternak harus segera mengakaratina ayam yang dicurigai sakit, melarang atau membatasi tamu yang masuk kekompleks peternakan, Hati hati dalam memasukkan ayam ke kandang Anda dari luar, jangan jangan ayam tersebut membawa penyakit  dari luar. Hindari juga makanan yang tersisa yang membuat burung2 liar/ binatang lain ikut makan. Disamping itu kebersihan peralatan kandang, seperti tempat pakan dan minum serta keadaan kandang harus selalu diperhatikan.