Sekapur Sirih


Hobby Ayam ini, saya miliki karena orang tuaku dulu memiliki peternakan ayam pedaging…dan kandangnya sekarang sudah berubah menjadi pabrik. Dan sejak kecil sampai dewasa kalau gak pegang ayam…rasanya seperti petani kehilangan cangkulnya… Singkat cerita…kenapa saya pilih Pelung.. karena tubuhnya yang besar…itu saja… tetap mindset saya adalah cuma pedaging… Untuk kemana? Supply daging ayam kampung ke beberapa Restoran Bebek temanku di Jakarta dan Bogor. (kata teman; banyak konsumen yang tidak suka daging bebek)… Banyak kah? Juga tidak banyak…cuma 400ekor per bulan.. Seriuskah Bisnis ini? Belum..Cuma sambilan… kebetulan saya adalah kuli swasta di Jakarta yang punya libur sabtu minggu untuk tengok kandang.. Kandang besarkah?..Tidak Besar..sama seperti tetanggaku di sana, yang membedakan ayam saya tidak dilepas liar, dan ayam saya adalah ayam pelung yang awalnya dibeli dari daerah cisaat sukabumi… Berapa lama bisa Jual? 4 bulan dengan berat 800-1kg /ekor..(kalau menurut peneliti Balitbangnak ciawi bogor katanya 2.5bln)… Berapa biaya pakan/ekor selama 4 bulan? Murah kok Cuma 15rb/ekor. Apaan tuh pakannya? .. nah ini dia yang membuat pertumbuhannya agak lama jadi 4 bulan, he… Cuma lunte/ bekas gilingan padi dicampur nasi…(wow..gak sambil koprol)… Berapa harga Jual? Karkas tanpa jeroan, ceker, leher dan kepala 30rb (jeroan buat yang potong dan yang nyabutin bulu boss)… Untung berapa? Itung sendiri……. Gimana kalau kena Wabah? Baca sendiri.. diblog ini (yang jelas saya tidak percaya pakan dan obat pabrik..brik..brik….OK) Hal yang paling penting terisolir, kebersihan dan pencegahan.!!!


Ayam Pelung Kontes
Berawal juga dari restoran bebek temanku, juga ketemu kolektor/ penggemar ayam pelung Hias… Ada juga yang pesan Ayam pelung buat Hias (pokoke yang suaranya bagus).. beberapa kali jadi makelar, lama lama jadi suka suaranya… Singkat cerita mulailah banyak tanya, banyak baca, dan yang penting banyak permintaan juga. Dari sinilah terinspirasi untuk menjadi breeder untuk menciptakan Ayam Pelung Kontes… Saya sangat sadar bahwa saya bukan yang pertama apa lagi yang terbaik… tapi disini saya Cuma ingin tampil beda dari para senior dan sesepuh perpelungan kontes….
Assalamualaikum Wr Wb.. Saya mohon izin nanti ikut bergabung dalam pergulatan ayam pelung kontes dalam wadah Hippapi, tapi saya lagi menunggu hasil breeder saya sendiri bukan beli atau pinjam….

Catatan Kecil dari Kandang Baru saya
Gede kecil tetap harus berbesar hati. pokoknya tekun dan sabar pasti hari esok akan menuai (entah keberuntungan berupa profit, entah mendapatkan pelajaran yg berharga, entah hanya mendapatkan temen2 baru saja di hobby ayam ini). dari kesemuanya itu yg jelas mendapatkan faedah dari yg saya jalani. Catatan di blog ini menceritakan perjalanan dan perubahan dari bulan ke bulan. di akhir 2012 hanya punya pelataran & 4 kandang penangkaran ayam pelung kontes... kandang kawin lum punya,karena memang belum punya indukan dan jago. kurungan buat jemur lum punya, kandang ajengan/hiaspun belum punya.. semua start dari nol, tanpa warisan trah ayam pelung dari ortu (tp dpt beli dr temen di xxxxx) tanpa pengetahuan beternak pelung kontes, dan bahkan tanpa tentor perayaman. Hanya ini modal saya menyambut 2013 nanti… untuk ikut meramaikan dunia perpelungan dngn suara pelung yang oke…
Jalan Masih Panjang dan Berliku…. Wassalam Wr Wb… Salam Pemula.